VISITASI ASESMEN LAPANGAN LAMDIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN

Posted on

Asesmen lapangan (AL) merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi.

Pada tanggal 20-21 November 2023 kemarin, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan Asesmen Lapangan LAMDIK nya. Asesor yang melakukan Visitasi Asesmen Lapangan ini yaitu Dr. Agus Cahyono, M.Hum (Universitas Negeri Semarang) sebagai Asesor I dan Dr. Uyuni Widiastuti, M.Pd. (Universitas Negeri Medan) sebagai Asesor II.

Pada hari pertama sekaligus pembukaan, Asesmen Lapangan dihadiri oleh Prof. Meutia sebagai perwakilan Ketua LPPM; Prof. Dr. Wahyu Susihono, ST., MT. sebagai Ketua LPMPP; Dr. Rusmana, Ir. MP. sebagai Wakil Rektor; Dr. Dase Erwin Juansah, M.Pd. sebagai Dekan FKIP Untirta; Dr. Suroso Mukti Leksono, M.Pd. sebagai Wakil Dekan 1 sekaligus Plt. Kaprodi Pendidikan Seni Pertunjukan, Prof. Dr. Heni Fuji Astuti, M.Pd. sebagai wakil Dekan 2; Damanhuri, M.Pd. sebagai wakil Dekan 3; dan para dosen Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untirta.

Pada hari pertama, pembukaan Asesmen Lapangan LAMDIK dimeriahkan oleh tari kreasi Ahlan Wasahlan karya dari Wiwin Purwinarti, M.Sn., (Dosen Pendidikan Seni Pertunjukan). Kemudian disambung dengan pengenalan panel asesor, pembacaan

dan penandatanganan pernyataan Asesmen Lapangan. Setelah itu di jam 08.15 dilakukan konfirmasi-konfirmasi terkait: rencana pengembangan UPPS, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan, dan rencana pengembangan PS yang diakreditasi. Konfirmasi data dengan pengelola UPPS/PS/Tim task force. Konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI di UPPS yang meliputi seluruh siklus PPEPP. Pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, laporan berkala hasil SPMI di Unit Pengelola Program Studi dan kinerja/layanan midle
management. Di jam 11.00 hingga 12.00 dilakukan observasi praktik mengajar dosen
dengan mengimplementasikan RPS dan model pembelajaran inovatif yang diobservasi langsung oleh Dr. Uyuni Widiastuti, M.Pd. 

Kemudian, setelah jam makan siang, tepatnya di jam 13.30 – 14.30 dilakukan konfirmasi data dan informasi Laporan Evaluasi Diri (LED) yang dihadiri oleh seluruh dosen Pendidikan Seni Pertunjukan. Lalu kemudian disambut dengan konfirmasi keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan alumni dan pengguna. Serta di hari pertama diakhiri dengan konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan DTPS.

Hari kedua, merupakan hari terakhir Visitasi Asesmen Lapangan dimana Asesor menyerahkan Berita Acara Asesmen Lapangan. Semoga hasilnya menjadikan Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan Untira Unggul.

Editor : Dadang Dwi Septiyan