Workshop Pengembangan Metode Pembelajaran Seni Musik Menggunakan Digital Audio Workstation

Posted on

Tantangan dunia pendidikan untuk mempersiapkan tenaga pendidik (guru maupun dosen) yang kekinian terhadap perkembangan teknologi tidak dapat dihindarkan. Teknologi komputer memiliki banyak kemampuan yang dapat  dimanfaatkan oleh para pendidik musik. Di zaman modern ini banyak tersedia software maupun aplikasi yang dibuat untuk membantu penulisan ataupun pembuatan komposisi musik secara digital, dan juga untuk membantu proses belajar musik yang lebih atraktif. Kemajuan teknologi saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa hampir seluruh aspek kehidupan telah dipengaruhi dengan perkembangan teknologi. Musik merupakan salah satu bidang yang perkembangannya dipengaruhi oleh teknologi. Majunya teknologi membuat pengaruh pada musik, karena dengan teknologi saat ini memudahkan orang untuk dapat berkarya di bidang musik dengan berbekalkan satu komputer, speaker, dan pengetahuan tentang software audio digital untuk membuat musik sesuai dengan keperluan dan keinginan setiap individu.

Kemajuan teknologi dalam bentuk DAW memungkinkan setiap orang dapat membuat musik di manapun dan kapan pun. Penggunaan DAW begitu membantu banyak kalangan khususnya penggiat musik. Dalam hal ini, pendidik musik juga cukup berperan penting sebagai estafet bagi anak didik nya. Sudah selayaknya pendidik musik diberikan bekal ilmu yang lebih dari pelaku profesional sebelum para pedidik terjun ke anak didiknya untuk memberikan transfer pengetahuan. Salah satunya yaitu dengan mengikuti pelatihan secara formal maupun informal. Workshop menjadi hal yang kerap dilakukan guna mendapatkan solusi dari suatu permasalahan atau isu yang terjadi saat ini. Selain itu, diharapkan pendidik musik memiliki bekal tambahan dari hasil workshop yang diselenggarakan.

Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dalam merespon perkembangan teknologi di era modern ini, menyelenggarakan Workshop Pengembangan Metode Pembelajaran Seni Musik menggunakan Digital Audio Workstation bagi Guru Seni Budaya. Workshop ini diselenggarakan dengan diikuti oleh guru-guru MGMP SMP se-kota Serang. Untuk pematerinya sendiri merupakan seorang praktisi profesional dalam bidang Digital Audio Workstation, yaitu Arindra Kristiaji, S.Sn. yang sekarang menjadi music director di salah satu stasiun televisi Nasional.

Pelatihan yang diberikan berisikan bagaimana proses pembuatan produk media berbasis digital audio workstation, yang di dalamnya terdapat beberapa langkah hingga menjadi produk jadi. Proses perekaman juga tidak luput dalam pelatihan yang berlangsung pada saat itu, hingga bagaimana melakukan imitasi suara untuk memproduksi dengan segala keterbatasan instrumen.

Harapan dari workshop yang sudah dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2022 lalu yaitu para pendidik seni budaya dan penggiat seni khususnya musik dapat mengembangkan kreativitasnya dengan memanfaatkan media berbasis DAW.

Editor : Dadang Dwi Septiyan